UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Sekilas Budaya Korea

Korea_south_traditional_house

Mentalitas dan perasaan masyarakat Korea dipengaruhi budaya konfusianisme dimasa lalu. Masyarakat Korea sangat menghormati sesepuh, nenek moyang dan orang tua mereka. Gagasan ini menunjukkan hubungan antara orang tua dengan anak, guru dengan murid, atasan dan bawahan, serta senior dan junior. Anak muda diharapkan untuk menghormati dan patuh terhadap orang-orang yang lebih tua dari mereka. Oleh karena itu di dalam bis, kereta bawah tanah terdapat tempat-tempat duduk terpisah yang diperuntukkan untuk lansia. Ketika orang tua berdiri disekitarnya orang muda diharapkan untuk berdiri dan mempersilahkan orang tua untuk duduk.

Masyarakat Korea mempunyai budaya kekeluargaan yang kuat dan menempatkan kepentingan keluarga diatas kepentingan pribadi. Misalnya menikmati pertemuan antara teman-teman dan anggota keluarga untuk makan dan minum, atau senang dengan menjadi tuan rumah dalam suatu pertemuan. Ketika orang Korea pergi ke rumah makan, membayar secara patungan adalah hal biasa. Kata “jeong” adalah istilah yang selalu digunakan untuk perasaan kekeluargaan yang terbentuk pada proses interaksi. Masyarakat Korea mementingkan “jeong” artinya mereka ingin lebih memusatkan aspek emosional suatu hubungan sebagai bagian strategi suatu hubungan.

Masyarakat Korea adalah orang yang ramah, bahkan mereka menerima jika berbicara sambil menyentuh anggota badan. Orang tua biasanya menyentuh kepala dan pundak anak muda ini menandakan rasa sayang. Tetapi tindakan tersebut terkecuali dengan lawan jenis apalagi ditempat umum. Masyarakat Korea adalah masyarakat yang penuh semangat dan dinamik. Mereka senang bekerja dan biasanya menekuti pekerjaannya, menyelesaikan tugas pada waktunya dan melakukan sesuatu dengan cepat-cepat. Orang Korea juga mempunyai keinginan yang sangat besar dalam bidang pendidikan, hampir seluruh orang tua mengorbankan apapun untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Oleh karena itu Korea mempunyai literasi (daya baca) kemampuan yang lebih tinggi seperti halnya tingginya presentase masyarakat yang masuk universitas negeri atau swasta.

Masyarakat Korea melangsungkan perayaan yang besar untuk seseorang berusia 60 tahun, yang dikenal dengan “hwangapatau “hoigap” dengan mengundang kerabat dan sanak keluarga. Pernikahan adalah acara yang terbesar dan biasanya dilangsungkan di gedung pernikahan. Banyak orang dijamu dan diundang dengan makanan, setelah acara pernikahan yang dilakukan dengan gaya barat dengan pengantin perempuan mengenakan gaun pengantin putih selanjutnya ganti dengan pakaian tradisional dan bersujud kepada mertuanya. Adapun bila meninggal dunia, masa berkabung berlangsung tiga sampai lima hari setelah pelaksanaan acara pemakaman. Sesuai dengan tradisi konfusianisme, banyak masyarakat Korea melakukan ritual kepada nenek moyang dengan menyiapkan makanan dan menyajikan diatas meja, serta menempatkan gambar orang yang telah meninggal di depan meja dan disembah. Ritual ini biasanya dilakukan dikuburan pada hari libur tertentu seperti “cheuseok” dan tahun baru. Mereka percaya jika melayani nenek moyang maka nenek moyang akan melindungi dan membantu mereka untuk memperoleh kejayaan.

Gugak adalah alat musik tradisional Korea, yang memiliki karakteristik unik yang menggunakan instrumen seperti gayageumjanggu, daegeumbuk dan jingSalmunori menggunakan empat instrumen perkusi-buk, janggu ,jing dan kkwengwari. Instrument tradisional yang menghasilkan suara alam dan menambah ketertarikan para pendengar.Kostum tradisional korea dikenal dengan sebutan hanbok yaitu kostum elegan dan kombinasi yang baik antara garis lurus dan lengkungan halus. Kostum pria terdiri dari jeogori (atas) dan celana. Sementara wanita mengenakan jeogori dan rok. Pria dan wanita menggunaka durumagi(jubah) untuk acara yang lebih formal. Makanan korea umumnya terdiri dari nasi, sup, kimchi, dan seperangkat makanan tambahan, Secara tradisional makanan Korea menggunakan banyak sayuran dibandingkan dengan daging. Masakan banyak terdiri dari hasil fermentasi seperti kimchi,dan menggunakan bumbu bawang putih. Karakteristik lain makanan korea adalah variasi makanan yang disebut dengan pan janKimchi adalah makanan khas Korea yang masyarakatnya tidak bisa hidup tanpanya. Terdapat berbagai jenis kimchi yang dibuat dengan fermentasi sayur-sayuran seperti: ketimun, kol dan lobak dalam garam, dan membumbuinya dengan bumbu cabe merah atau disebut guchu karu, bawang merah dan jahe.

Hanok adalah rumah yang dibuat dengan gaya arsitek tradisional. Strukturnya dibuat dari bahan kayu dan dindingnya dibuat dari tanah. Orang yang memiliki status sosial yang lebih tinggi atap rumahnya menggunakan genting, sedangkan orang biasa tinggal dengan tempat tinggal dengan atap jerami. Ciri khas rumah yang paling mewakili hanok sebagai rumah tradisional adalah sistem pemanasan dibawah lantai. Untuk musim panas beranda digunakan sebagai tempat beristirahat. Masyarakat Korea dapat hidup dirumah sendiri dimana sekeluarga dapat hidup disatu rumah atau rumah gabungan yang mana beberapa keluarga hidup dalam satu rumah. Umumnya orang yang lebih memilih untuk hidup dirumah gabungan seperti diapartemen,demi kenyamanan. Office-tels adalah bangunan yang memiliki ruang kantor dan rumah dalam satu gedung. Tempat tinggal jenis ini populer dikalangan para pekerja dan anak anak muda. Masyarakat Korea juga umumnya tinggal dirumah satu tingkat gaya Korea walaupun di masa modern sebagian besar masyarakat Korea lebih memilih untuk tinggal dirumah gaya barat atau blok apartemen. Secara tradisional masyarakat Korea duduk dilantai, tetapi pada masa saat ini mereka telah mengikuti budaya barat untuk duduk dikursi dan ketika masuk rumah masyarakat korea melepas sepatunya.

Oleh: Totok Wahyudi

Sumber Gambar: Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 25, 2015 by in Uncategorized and tagged , .
%d bloggers like this: