UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Pembarong Reog Singo Mudho Korea

pembarong-reog-muda

Badannya terlihat berotot dan kekar di tambah dengan tinggi badan sekitar 170 cm. Mungkin kalau sekilas orang melihat pasti kaku gak bisa menari, tapi tidak dengan TKI yang satu ini. Dia bisa menari mengkibas-kibaskan dadak merak mengiringi irama gamelan kesenian Reog dengan begitu indahnya. Ya siang itu di lapangan Ansan Hosu Kongwon 31 Agustus 2014 sedang ada acara OID (One Indonesia Day) dan grup Reog menjadi salah satu pengisi acara.

Dia adalah saudara Sunaryo 34th salah satu dari ratusan TKI dari Ponorogo yang bisa memainkan dadak merak. Karena tidak semua orang bisa, selain berat juga perlu latihan lama minimal dari umur 12th atau kelas 6 SD sudah mulai belajar. Karena beban sekitar 25 kg di topang pakai gigi. Siang itu setelah selesai tampil Tim Skuter News mendapatkan kesempatan wawancara sedikit dengan narasumber.

“Sebenarnya tidak begitu berat kalau sudah terbiasa tinggal kita mainkan nanti irama gamelan mengikuti gerakan kita. Ya kalau susah itu kalau ada angin besar karena bisa tambah berat”. Kata bapak dengan satu anak ini.

“Sebenarnya ini kalau di Ponorogo termasuk Reog kecil karena ada yang lebih berat lagi sekitar 40kg-50kg. Itu standar untuk orang dewasa.” kata Huwa Punokawan atau kang Huwa panggilannya.

“Yang berat itu kalau waktu mau tampil kayak gini ya kita harus bisa membagi waktu antara kerja dan tampil. Karena tujuan kita ke sini mencari rejeki makanya saya sering bilang ke teman siapa saja yang bisa, tolong unjuk diri tidak harus dari ponorogo gak papa. Ya jadi personil penabuh, penari cewek dan yang jadi warok.” Pungkas ketua Paguyupan bumi Reog ini. Di akhir acara kerja keras Tim Singo Mudho Korea tidak sia-sia,mereka mendapat piala sebagai best performer di acara tersebut.

Oleh: Tugino

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 25, 2015 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: