UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Kebijakan Tentang Tenaga Kerja Di Korea

Negara Korea untuk mengatasi kurangnya sumber tenaga kerja, menciptakan hak praktek tenaga kerja serta melindungi hak pekerja asing. Pemerintah Korea (menteri tenaga kerja) membuat undang-undang mengenai tenaga kerja dan kebijakan kebijakan lain bagi tenaga kerja asing. Karena pengurusan tenaga kerja asing dan dan manajemen pekerja asing dilakukan oleh pemerintah diperlukanlah manajemen yang efisien. Maka pemerintah Korea mengeluarkan atau membuat Memorandum of Understanding (MOU) langsung dengan negara-negara yang mengirimkan sumber daya manusia dan lembaga-lembaga umum yang bertanggung jawab terhadap masalah pemilihan pekerja. Tujuannya supaya tidak terjadi aktivitas illegal yang menyangkut jasa tenaga kerja itu sendiri.

Negara-negara yang mengirimkan tenaga kerja ke Korea memiliki kewajiban untuk memilih dan mengirim tenaga kerja yang baik, dalam arti selalu menaati peraturan-peratuan ketenagakerjaaan. Seandainya pekerja asing dari negara pengirim tidak baik atau tidak rajin atau bahkan meninggalkan pekerjaan,  akan dikenakan sanksi tidak diperbolehkan mengirim tenaga asingnya ke Korea lagi. Jika seandainya pekerja asing melarikan diri dari tempat kerja atau bekerja secara illegal ditempat lain, maka pekerja asing tersebut dapat dikenakan hukuman dan akan dikembalikan lagi ke negara asal sesuai dengan undang-undang pengendalian imigrasi. Begitu juga bagi perusahaan perusahaan Korea yang memperkerjakan warga negara asing secara ilegal maka  akan  dibatasi haknya untuk mempekerjakan pekerja asing sesuai dengan sistem perijinan ketenagakerjaan Korea.

Berbeda halnya dengan sistem pelatihan industri yang tidak memiliki akses untuk masuk dan bekerja kembali setelah pekerja asing menyelesaikan masa kerja selama 3 tahun. Maka sistem tenaga kerja yang baru dibuat untuk membuat suatu sistem pengkerjaan kembali, tujuannya untuk mencegah pemecatan tenaga kerja secara illegal dan secara mudah untuk mengamankan tenaga kerja asing yang ahli dan profesional yang dibutuhkan perusahaan kembali. Seorang tenaga kerja asing yang ahli yang telah dikonfirmasikan oleh perusahaan yang telah kembali ke negara asalnya akan dikonfirmasi penyelesaian masa kerja kembali yang dikeluarkan oleh departemen ketenagakerjaan Korea dan sertifikat kerja yang dikeluarkan oleh pihak imigrasi Korea. Seorang tenaga kerja ahli yang telah dikonfirmasi oleh perusahaan lamanya untuk dipekerjakan kembali oleh perusahaan dapat kembali memasuki Korea setelah 1 bulan kepulangannya ke negara asal. Dengan memperlihatkan surat konfirmasi dan sertifikat perijinan korea. Dan bagi tenaga kerja yang telah dikonfimasi tidak memerlukan ijin tambahan lain dari negara asalnya dan hasil tes kesanggupan Bahasa Korea dapat diabaikan.

Seorang tenaga kerja asing yang telah secara legal boleh bekerja setelah dia menandatangani kontrak dengan perusahaannya dan mendapatkan ijin untuk mengisi surat konfirmasi kerja khusus. Untuk hal itu pekerja asing tersebut berada didalam hukum terkait, termasuk undang-undang ketenagakerjaan, undang-undang upah minimum regional, undang-undang keselamatan tentang asuransi keselamatan perusahaan serta undang-undang kesehatan industri termasuk asuransinya. Seorang tenaga kerja asing juga harus terdaftar dalam asuransi keselamatan kerja perusahaan, industri dan asuransi kesehatan nasional. Negara Korea serta pekerja asing tidak diperbolehkan terdiskriminasi dengan alasan karena dia seorang pekerja asing. Semuanya bila terjadi masalah  akan dibantu oleh kementrian tenaga kerja untuk tindakan illegal dan tidak adil yang menyalahi kontrak kerja dengan perusahaan sampai ketingkat pemecatan illegal. Pekerja asing juga harus menaati peraturan terhadap kewajiban-kewajiban yang diatur oleh hukum dan bersedia dikenai sanksi jika terjadi pelanggaran kewajiban terhadap pekerja asing itu sendiri.

foreign-labour

Oleh: Totok Wahyudi

Sumber Gambar: http://www.stasiareport.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 25, 2015 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: