UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Sekilas tentang Indonesia Community in Corea

ICC

Ansan, 2013/10/17

utkoreanews.wordpress.com

Reporter : Muh Soleh

Indonesia Community in Corea (ICC) adalah merupakan induk dari paguyuban-paguyuban kedaerahan yang ada di Korea Selatan. ICC terbentuk  atas inisiatif sekumpulan orang yang berasal dari berbagai daerah se-Indonesia. Organisasi ini terbentuk karena masyarakat Indonesia di Korea selatan, terutama kalangan Buruh Migran Indonesia (BMI) memerlukan wadah untuk bertukar pikiran, berbagi informasi, berkoordinasi, serta saling membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah seputar BMI dan kehidupan di Korea Selatan.

Ketika kami menanyakan penggunaan huruf C pada singkataan ICC untuk kata Korea dan tidak menggunakan huruf K, Sopian salah seorang pengurus ICC mengatakan bahwa hal itu sudah terjadi sejak pembentukan ICC diawal. ICC didirikan pada tahun 2006 di kota Ansan dan hingga sampai saat ini telah terdaftar lebih dari 20 paguyuban kedaerahan. Paguyuban-paguyuban tersebut berasal dari tingkat kecamatan, kabupaten bahkan provinsi. “Organisasi ini bersifat sosial, adapun jika dalam pelaksanaannya ada rangkaian kegiatan-kegiatan yang terlihat bisnis, itu semua hanya lah sebuah upaya agar organisasi ini tetap bertahan dan mampu mencukupi kebutuhan dapur organisasi” , turur Sopian lagi.

Untuk menunjang kegiatannya ICC menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi dan lembaga-lembaga lain, baik dari Indonesia maupun dari Korea. Diantara dalam bidang keagama ICC menjalin kerjasama dengan Komunitas Muslim Indonesia (KMI), yang membawai lebih dari 20  Mushola di Korea. Dalam bidang ketenagakerjaan ICC bekerjasama dengan HRD Korea, KBIZ, Jumin Center Ansan dan shelter- shelter lain di Korea. Selain itu ICC juga merupakan kepanjangan tangan dari KBRI untuk membantu menyebarkan informasi-informasi yang bermanfaat bagi WNI yang menetap di Korea.

Editor : Chairul Hudaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 19, 2013 by in Serba Serbi, Sosial Budaya.
%d bloggers like this: