UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Alasan WNI yang Kembali Bekerja ke Korea

Korean Air 2

 

Seoul, 2013/10/13

utkoreanews.wordpress.com

Reporter : Daryono Basuki

Korea Selatan merupakan salah satu Negara tujuan yang banyak diminati Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) untuk mecari nafkah. Tiap tahunnya, banyak tenaga kerja yang masuk dari berbagai Negara ke Negeri Ginseng ini termasuk Indonesia. Baik yang baru pertama masuk ataupun kembali lagi masuk (re-entry). Fenomena masuknya kembali Tenaga Kerja, khususnya dari Indonesia menimbulkan pertanyaan “Ada apa dengan Indonesia?”.

Salah satu nara sumber, sekaligus pelaku reentry sebut saja Dedi Setiawan yang mengatakan bahwa dirinya mengikuti program re-entry karena uang yang didapat di Korea belum mencukupi kebutuhan hidup di Indonesia. Selain itu, harga-harga kebutuhan di Indonesia semakin melambung tinggi dan tidak sebanding dengan gaji yang diperoleh.

“Untuk teman-teman yang di Korea, kalau bisa cukup 4 tahun 10 bulan saja. Tidak usah balik lagi ke Korea, gunakan uang sebaik-baiknya untuk kehidupan saat kita di Indonesia nantinya dan perlunya investasi di Indonesia dari sekarang. Dan jangan lupa selalu sisihkan untuk beramal juga, biar uangnya berkah. Hee..hee..” tegas salah satu DJ Radio UT Korea yang beken dengan nama DJ Awan ini.

Di samping Re-entry, ada satu lagi yang bisa kita lakukan agar bisa masuk ke Korea yaitu mengikuti CBT (Computer Based Test) yang dikhususkan untuk TKI yang pernah bekerja di Korea. Rata-rata mereka mengikuti tes ini karena susahnya mencari kerja di negeri sendiri dan ingin menambah modal.

Dikutip dari situs resmi BNP2TKI, persyaratan untuk mengikuti CBT adalah mereka yang pulang kembali ke tanah air secara sukarela sebelum habis kontrak, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun. Kemudian tidak sedang atau pernah menjalani hukuman tindak pidana berat akibat perbuatan kriminal atau lainya. Tidak memiliki catatan pernah dideportasi dari Korsel oleh Pemerintah Korea Selatan, serta tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri oleh Pemerintah Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 15, 2013 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: