UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Batik dalam Festival Perenungan di Korea Selatan

575214_672729809418717_154862982_n

(Foto : Rombongan Peserta Indonesia dalam Festival Budaya di Gwangju)

Gwangju, 13/10/2013
utkoreanews.wordpress.com
Reporter : Panji Hari yanto

Pemerintah Korea menetapkan tanggal 9 Oktober sebagai hari libur nasional memperingati huruf Korea (한글날). Bersamaan dengan hari tersebut, di kota Gwangju digelar festival dengan tema 7080 Chungjang Recollection Festival (Festival Perenungan Chungjang 7080). Festival ini menyoroti pentingnya komunikasi antara generasi tua dan muda Korea Selatan, khususnya di kota Gwangju.

Acara tahunan ini adalah salah satu festival yang paling terkenal di kota Gwangju. Tujuan festival ini adalah untuk mengingat peristiwa historis yang terjadi pada tahun 1970 hingga 1980-an. Berbagai acara meriah, pertunjukan dan pameran dilakukan sebagai nostalgia pada kurun waktu tersebut.

Pada festival itu, UNESCO, badan khusus PBB  bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya, mengajak seluruh masyarakat dan mahasiswa asing  khususnya di kota Gwangju untuk ambil bagian dalam memeriahkan festival tersebut.  Tak mau ketinggalan, para pelajar Indonesia juga turut berpastisipasi dalam acara  itu.

Dengan mengenakan pakaian nasional batik, para peserta berjalan mengelilingi kota Gwangju. Lambaian tangan, senyum ramah dan riuh tepukan terjadi saat rombongan Indonesia melintasi di depat masyarakat kota Gwangju. Terlihat beberapa orang korea yang ingin berfoto dengan para mahasiswa tersebut.

”Kalian dari negara mana? Apakah kalian semua pelajar ? Apakah yang kalian pakai saat ini adalah pakaian tradisional?”  Begitu tanya seorang penonton yang hadir. Seorang peserta menjawab dengan bangga bahwa dirinya adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan paska sarjana di Gwangju. Dengan ramahnya ia menjelaskan bahwa batik adalah pakaian tradisional yang merupakan warisan budaya Indonesia.

Editor : Chairul Hudaya

One comment on “Batik dalam Festival Perenungan di Korea Selatan

  1. nazah nailufar
    December 28, 2013

    Good i like it

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 13, 2013 by in Sosial Budaya.
%d bloggers like this: