UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Kawan, Hati-Hati lah dalam Bekerja!

(Foto : ilustrasi)

Gwangju, 06/10/2013

utkoreanews.wordpress.com

Reporter : Panji Hari yanto

Dalam dunia kerja, kesehatan dan keselamatan kerja adalah faktor penting yang selalu harus diperhatikan. Baik perusahaan maupun pihak regulator tenaga kerja sama sama memiliki kewajiban untuk melindungi para pekerja dari terjadinya hal hal yang membahayakan keselamatan para pekerja. Namun, yang paling penting lagi adalah kewajiban diri sendiri untuk menjaga keselamatan diri.

Banyak upaya yang dilakukan perusahaan perusahaan yang mempunyai resiko keselamatan cukup tinggi untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Misalnya melengkapi mesin-mesin dengan sensor pengaman, menyediakan perlengkapan K3, memasang rambu rambu atau tanda peringatan di seluruh area tempat kerja. Selain itu himbauan secara langsung oleh mandor mandor yang ada juga sering dilakukan agar para pekerja selalu berhati-hati.

Telah banyak kecelakaan kerja yang terjadi selama ini. Bahkan banyak juga yang mengakibatkan kecelakaan fatal hingga meninggal dunia.

Meskipun mesin-mesin kerja dilengkapi dengan peralatan canggih, namun tetap saja kecelakaan tetap terjadi. Seperti yang baru-baru ini dialami oleh Agus Palali, seorang mahasiswa manajemen UT korea. Ia mengalamai kecelakaan pada tangan kanan nya sehingga harus di rawat secara intensif di rumah sakit.

“Ini bukan human error. Karena sebelum saya tekan tombol on, tangan robot sudah bergerak sendiri. Sedang pada saat itu tangan kanan saya masih di didalam mesin untuk memasukan material yang harus di press”, tuturnya menceritakan kronologi kecelakaan saat kami besuk di rumah sakit tempat ia di rawat.

Meskipun dalam kasus ini perusahaan tempat dimana bekerja bertanggung jawab penuh hingga kesembuhannya, tetapi kesehatan dan keselamatan kita tidak terganti oleh materi apapun. Maka kehati-hatian dan konsentrasi saat bekerja sangat di perlukan oleh para pekerja itu sendiri. Terlepas dari keyakinan kita sebagai umat beragama bahwa semua takdir telah di atur oleh Tuhan Yang Maha Esa tetapi usaha kita sangat di perlukan agar kita selalu terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan.

Semoga lekas sembuh mas Agus!

Editor : Chairul Hudaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 6, 2013 by in Ketenagakerjaan.
%d bloggers like this: