UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Kardus “Pencetak” Won ? Kok Bisa

won

Hwaseong, 2013/09/15

utkoreanews.wordpress.com

Reporter : Dedi Setiawan

Kardus, bagi sebagian besar orang Indonesia mungkin dianggap hal yang tidak berharga. Tapi di Korea, kardus justru bisa “mencetak” uang won? Kok bisa?

Ini terjadi di Uni San Op, sebuah  pabrik pembuat kardus di daerah Hwaseong. Tak tanggung-tanggung, perusahaan kardus ini mampu mempekerjakan 20 orang termasuk para pekerja asing dari Indonesia, China dan Thailand.

Kardus-kardus yang diproduksi oleh perusahaan ini dijadikan sebagai bahan pembuat pintu-pintu apartemen untuk konsumsi lokal. Bahkan sebagian hasil produksinya telah diekspor ke negara lain seperti China dan Jepang.

Uni San Op merupakan anak perusahaan dari Jeil San Op. Setiap harinya ribuan lembar kardus yang siap untuk dicetak menjadi daun pintu dihasilkan. Namun perusahaan ini tidak membuat sendiri daun pintunya. Mereka melemparkan hasil produksinya ke perusahaan lain. Contohnya, Darai Samhyon yang setiap harinya siap menampung lebih dari seribu lembar kardus yang akan diolah menjadi daun pintu apartemen atau rumah-rumah penduduk elit di Korea. Kardus yang sepertinya tidak berharga ini telah mampu menggantikan kayu yang harganya sangat mahal.

Selain memproduksi bahan daun pintu, Uni San Op juga mengolah pallet yang terbuat dari kardus untuk perusahaan-perusahaan besar di Korea seperti Hyundai, Samsung dan Kia.  Inilah hebatnya Korea. Dengan teknologi mereka mengubah sesuatu yang kurang bernilai menjadi lebih bernilai dan bermanfaat. Cara ini yang patut kita tiru dan terapkan di Indonesia.

Editor : Chairul Hudaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 29, 2013 by in Serba Serbi and tagged , , .
%d bloggers like this: