UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Rendahnya Tingkat Kriminalitas Di Korea Selatan

Stop Crime

Seoul, 2013/09/15

utkorea.wordpress.com

Reporter : Dhanet Siswoyo

Hidup nyaman tanpa gangguan dari kriminalitas merupakan dambaan setiap orang. Memang dapat dipahami bahwa kriminalitas berbanding lurus dengan perkembangan ekonomi di suatu negara. Semakin tinggi tingkat perekonomian suatu bangsa, tingkat kriminalitasnya cenderung semakin rendah.

Inilah yang terjadi di Korea Selatan. Negara yang memiliki GDP US$ 1.13 triliun (2012) ini cukup aman dan nyaman untuk disinggahi. Dengan sistem jaminan hukum yang ketat, setiap warga di Korea hidup dengan berdampingan yang berakibat pada rendahnya tingkat kriminalitas.

Tidak seperti di Indonesia yang setiap harinya banyak muncul pemberitaan kriminal seperti penembakan dan pemerkosaan, di Korea berita-berita kekerasan seperti itu jarang terlihat. Negara yang merdeka pada tahun yang sama dengan Indonesia ini memang memiliki orang-orang yang gigih dalam bekerja. Alhasil, setiap keluarga memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam pantauan kami, kesenjangan sosial antara kaya-miskin tidak teralu terlihat di Korea. Ini terbukti dari GDP per capita Korea yang sangat tinggi yaitu sebesar US$ 22.590, tujuh kali lipat GDP per capita Indonesia.

Adcha, salah seorang pekerja asal Indonesia yang juga mahasiswa UT Korea menyebutkan bahwa dirinya merasa nyaman dan aman tinggal di Korea. “Waktu naik bus maupun kereta bawah tanah (subway), saya gak perlu khawatir kecopetan. Pulang malem juga biasa saja, ga ada yang pernah gangguin”, ujarnya dengan sumringah.

Editor : Chairul Hudaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 15, 2013 by in Serba Serbi and tagged , .
%d bloggers like this: