UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Asyiknya Berpergian Menggunakan Transportasi Umum di Korea

Transportasi

Seoul, 2013/09/15

utkoreanews.wordpress.com

Reporter : Adcha Ediwibowo

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, diperlukan sistem transportasi yang handal dan memadai. Paling tidak, ini yang telah dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan dengan membangun sarana transportasi darat, laut dan udara. Sebut saja misalnya kereta bawah tanah (subway) untuk kota-kota metropolitan, kereta api cepat (KTX) untuk transportasi antar provinsi, dan juga bus bus besar untuk mengangkut penumpang baik dalam maupun luar provinsi. Selain itu, beberapa provinsi juga sudah dilengkapi dengan bandara yang melayani penerbangan domestik maupun manca negara.

Karena sektor transportasi menyangkut hak hidup orang banyak, biaya untuk menggunakannya pun cenderung murah. Untuk naik subway di Seoul, biaya dasarnya hanya sebesar KRW 1,050 (Rp 10,500) saja. Begitu pula dengan menggunakan bus, berkisar di harga tersebut. Biaya tiket pesawat antar daerah dan pulau di Korea juga cukup murah. Untuk ke Jeju dari Seoul, tiket yang ditawarkan bervariasi sekitar 70-80 ribu won sekali jalan. Umumnya fasilitas transportasi umum ini beroperasi hingga malam hari, pukul 24.00 – 1.00 dini hari dan mulai pukul 04.00 – 05.00.

Seluruh sistem pembayarannya pun bisa dilakukan secara online. Untuk subway dan bus, hanya dengan membeli T-Money, sebuah alat pembayaran transportasi yang berbentuk kartu ataupun gantungan handphone, para pengguna bisa dapat dengan mudah menggunakannya ketika masuk dan keluar.

Faktor kedisiplinan masyarakat Korea juga menambah kenyamanan transportasi di Korea. Misalnya dengan membudayakan antri ketika akan naik dan turun dari subway ataupun bus.  Di setiap fasilitas transportasi umum juga di pasang informasi dan petunjuk dalam bahasa Inggris, selain bahasa lokal.  Begitu pula dengan pengumuman-pengumuman baik di bus maupun di subway yang menggunakan kedua bahasa tersebut.  Saking nyamannya, tak heran Anda bisa melihat banyak lansia yang masih menggunakan transportasi umum untuk berpergian.

Dengan sistem transportasi yang dimilikinya, tak heran Korea Selatan kini merupakan negara yang mengalami perkembangan yang benar benar sangat pesat di bidang wisata. Negara ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi para pelancong dari berbagai negara.

Dhanet Siswoyo, salah seorang WNI yang bekerja di Korea menyatakan harapannya untuk Indonesia. “Saya berharap suatu saat di Indonesia memiliki sistem transportasi yang nyaman seperti di Korea”. Mudah-mudahan harapan Dhanet dapat menjadi kenyataan suatu saat nanti. Amin!

Editor : Chairul Hudaya

One comment on “Asyiknya Berpergian Menggunakan Transportasi Umum di Korea

  1. alihasroni
    September 16, 2013

    adcha i like it….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 15, 2013 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: