UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Lagi, Kekerasan terhadap BMI terjadi di Korea

(Foto : ilustrasi)

Gwangju, 2013/09/15

utkorea.wordpress.com

Reporter : Panji Hariyanto

Korea Selatan adalah salah satu negara favorit pilihan bagi tenaga kerja Indonesia untuk mengais rezeki. Tak heran, saat ini jumlah  TKI di negeri gangnam style ini mencapai lebih dari 35 ribu orang. Sebagian ada yang bekerja sukses, tapi ada juga yang kurang beruntung. Seperti yang dialami oleh seorang TKI bernama SJ (19 thn).  Pria yang berasal dari Indramayu Jawa Barat ini baru saja tiba di Korea pada pertengahan Agustus lalu.

Sebagai pekerja baru dia diperlakukan dengan baik oleh pemilik perusahaan. Ia pun sejatinya mendapatkan jaminan perlindungan keselamatan dan di lindungi oleh undang undang ketenagakerjaan lokal dari tindakan kekerasan, diskriminasi dan tindakan amoral lainnya. Namun, ada saja pekerja korea yang berlaku kasar dan tidak ramah terhadapnya.

Menurut SJ setiap hari dia mendapat perkataan kasar, pemukulan dan pemaksaan bekerja pada saat jam istirahat dari salah satu pekerja yang senior yang ada disana. “Sekarang saya merasa tidak nyaman bekerja disana karena mendapat perlakuan seperti itu”, tuturnya ketika menemui kami.

Dari pantauan utkoreanews, memang tidak ada bekas luka ditubuh SJ. Namun efek dari perlakuan tersebut berdampak pada kondisi psikologis pekerja asal Indramayu ini. Kami sudah mencoba melaporkan hal ini kepada dinas tenaga kerja setempat.  Namun terkendala tidak adanya bukti atau bekas luka dari tindak kekerasan tersebut yang menyulitkan pelaku di jerat oleh hukum.

Hingga berita ini ditulis, pelaku telah diberi peringatan oleh pemilik perusahaan. Kami percaya kasus ini hanya salah satu dari banyak kasus yang tidak terungkap. Jika kita telah menunaikan kewajiban kita dengan baik, maka adalah hak kita untuk menuntut persamaan tanpa adanya diskriminasi dalam bekerja.

Editor : Chairul Hudaya

6 comments on “Lagi, Kekerasan terhadap BMI terjadi di Korea

  1. alihasroni
    September 9, 2013

    wah ampe kurus kayak gtu ya maz…

  2. yuniarastya
    September 12, 2013

    mas ~~ usul kalo bisa cerita seputar tenaga kerja indonesia di korea banyak ditulis. setidaknya saudara di indonesia tau sisi lain kehidupan tki di sini. tidak hanya photo2 penuh bunga saat spring(sisi senangnya saja)

  3. nurmanesia11
    September 15, 2013

    kasihan ya,,, jadi ingin meneitikan air mata…

    aku paling tidak suka dengan kekerasan….

  4. Ladona
    January 7, 2015

    semoga tidak ada kejadian kekerasanpada TKI sperti ini lagi di korea maupun di negara2 lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 8, 2013 by in Ketenagakerjaan.
%d bloggers like this: