UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Pentingnya Pendidikan bagi TKI di Korea

dsc_0356

foto : densogol.wordpress.com

Busan, 5 April 2013

utkorea.wordpress.com

reportase : Adi Susilo

Pengiriman TKI ke negara Korea Selatan tiap tahun mengalami peningkatan secara signifikan, yang ditempatkan pada perusahaan manufaktur, perikanan dan pertanian. Dan yang terbaru saat ini adalah penempatan TKI pada sektor konstruksi bangunan. Untuk menjadikan para pahlawan devisa tersebut menjadi tenaga kerja yang profesional dan kompeten, tentunya diperlukan pendidikan yang baik agar bisa beradaptasi dan menguasai pekarjaannya di bidang masing-masing. Penempatan TKI di Korea Selatan semakin mudah karena adanya kerjasama G to G (Government to Government) antar Depnaker (departemen ketenaga kerjaan) Indonesia dan Korea Selatan dengan sistem penempatan EPS (Employment Permit Sistem) dan para TKI di Korea mendapatkan Visa E-9.

Menurut informasi dari BNP2TKI, keberadaan TKI di Korea pada tahun 2013 mencapai 36 ribu orang. Dalam rangka untuk mendapatkan peningkatan pendidikan dan ilmu secara formal bagi para TKI di Korea Selatan sekarang sudah mempunyai wadah baru, yakni telah dibukanya program pendidikan melalui UT-Korea.  Koordinator Umum UT-Korea diemban oleh saudara  Hadi Teguh Yudistira, dan UT-Korea sendiri didirikan pada tahun 2011 atas kerja sama KBRI Seoul dan PERPIKA (Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan). Adapun tempat belajarnya dibagi menjadi dua wilayah, yakni wilayah 1 di kota Seoul dan wilayah 2 di kota Busan dan Gyeongsan.

Pendidikan bagi para TKI sangatlah penting dan perlu, selain peningkatan sumber daya manusianya juga menjadikan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea menjadi tenaga kerja yang pfofesional dan kelak bisa berkarya dimasa depan. Pendidikan di UT-Korea memiliki 3 jurusan yakni bidang ilmu komunikasi, manajemen, dan bahasa inggris.

Peningkatan ilmu, pendidikan dan pengalaman bagi para TKI di Korea Selatan tidak saja diperoleh dari lembaga formal seperti UT-Korea, melainkan juga non formal misalnya  dari lingkungan tempat kerja maupun kehidupan sosial budaya orang-orang Korea. Negara Korea Selatan adalah termasuk negara industri yang maju dan penduduknya sangat beretika tinggi dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Dalam hal tersebut para TKI di Korea dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan orang Korea serta bisa mendapatkan pembelajaran dan pendidikan tentang gaya hidup, sosial budaya dari orang-orang Korea disekitarnya. Ketika Anda tinggal di Korea pasti Anda akan menjumpai kehidupan sosial budaya orang Korea yang baik, teratur, unik dan patut di contoh kelak bisa diterapkan ketika sepulangnya dari bekerja di Korea, misalnya : budaya antri, budaya tertib dan patuh hukum, budaya yang ramah dalam pelayanan, budaya demonstrasi yang tertib dan tidak rusuh, budaya saling hormat menghormati, budaya malu pada tindakan melakukan kesalahan serta korupsi dan lain-lain. Para pemimpin di Korea Selatan rata-rata mempunyai integritas dan kredibilitas tinggi, sehingga sangat kompeten dan profesional dalam memimpin negaranya.

Keberadaan TKI di Korea yang mau belajar dan mau meningkatkan pendidikan serta pengalamannya diharapkan suatu saat setelah pulang ke Indonesia akan ikut andil dan berperan dalam membangun bangsa Indonesia. Dengan pengalaman hidup selama berinteraksi dengan orang-orang Korea dan lingkungan sekitarnya bisa dijadikan contoh yang konkret. Eks TKI dari Korea diharapkan jangan berpangku tangan, dan segeralah bangkit meneruskan hasil perjuangan para Pahlawan Kemerdekaan. Mari bersama-sama ikut berpartisipasi membangun negeri sesuai dengan peran dan porsi masing-masing. Belajar dari keadaan Indonesia saat ini oleh carut-marutnya situasi dan kondisi perpolitikan di dalam negeri, mari kita ubah kepentingan ekonomi harus lebih utama dari pada kepentingan politik. Dalam arti kepentingan ekonomi harus mengalahkan kepentingan politik.

About bangunirh

i am a lecturer aprentice...and a junior architect... NOW I AM A STUDENT (again)

4 comments on “Pentingnya Pendidikan bagi TKI di Korea

  1. 蘇ㄌㄧ
    April 22, 2013

    Yes now you’re a student,,Yourself and be a good student and useful,,,wo wei ni Ciayoooo

  2. Astri Su
    April 28, 2013

    Ci tee ren cen tu o (¤_-)ciayoo sin gu ni le…….

  3. arta ulina
    June 25, 2013

    Halo,
    saya arta dari indonesia. Saya dan teman saya dapat tugas untuk melakukan survey pada orang indonesia (turis, pelajar, TKI) yang berada di Korea Selatan.
    Survey tersebut untuk mengetahui profil orang indonesia dan jenis telekomunikasi/layanan mobile phone yang digunakan oleh orang Indonesia di sana.
    Mohon bantuannya ya, bisa menginfokan contact person atau orang yang bisa saya hubungi dari pelajar PERPIKA dan TKI di Korea untuk bisa kami hubungi nanti untuk survey.

    Trima kasih atas bantuannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 16, 2013 by in Ketenagakerjaan, Serba Serbi, Sosial Budaya.
%d bloggers like this: