UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

JUMLAH TKI di KOREA SELATAN SEMAKIN MENINGKAT

tki

Busan, 2013/03/17

utkorea.wordpress.com

Reporter : Tamrin

Entah jumlah penduduk Indonesia semakin tahun semakin bertambah atau jumlah lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja di dalam negeri tidak mampu mengimbangi pertambahan penduduk tersebut sehingga jumlah penduduk yang memilih bekerja ke luar negeri sebagai TKI pun semakin meningkat. Namun apapun alasannya bahwa fenomena ini sedang terjadi. Tidak terkecuali Korea Selatan yang menjadi tujuan favorit para pekerja tersebut sebagai negara tujuan.Alasan menjadikan Korea Selatan menjadi pilihan untuk mencari nafkah dan sesuap nasi sebagai pilihan, bisa jadi karena beberapa faktor ini :
– Jumlah kuota tenaga kerja yang dibutuhkan lebih banyak sehingga peluang untuk bekerja di Negara Korea Selatan besar
– Kualifikasi pendidikan tidak terlalu ketat (minimal tamatan SMP sederajat) sangat memungkinkan banyak peminat yang berminat
– Batasan umur(18 tahun sampai dengan 39 tahun)
-Tunjangan para TKI/TKW kalau dibandingkan dengan pekerja di negara lain lebih bagus
-Ijin kerja didapatkan lebih lama (sampai 4 tahun lebih)
Dari sekian faktor-faktor tersebut, menjadikan Korea Selatan sebagai negara tujuan pekerja TKI relatif tidak terlalu sulit. Dengan semakin banyaknya tenaga kerja asing khususnya TKI yang bekerja di Korea Selatan sudah tentu memberikan banyak sekali dampak positif kedua belah pihak. Karena para TKI tersebut lebih banyak terserap di sektor perusahaan-perusahaan menengah kecil ke bawah maka pengusaha Korea Selatan yang bergerak di perusahaan tersebut lebih terangkat dan terdorong lebih maju dan bersaing dengan perusahaan lainnya. Dan bahkan dengan terangkatnya perusahan menengah kecil tersebut, ekonomi Korea Selatan sebagai negara industri secara keseluruhan semakin maju pesat.
Ada hal yang sangat menarik dengan meningkatnya jumlah komunitas masyarakat Indonesia dari kalangan pekerja TKI bahwa keberadaannya di tengah-tengah masyarakat Korea Selalatan memberikan warna tersendiri, baik disaat waktu kerja maupun diluar jam kerja. Pada saat kerja misalnya : para TKI itu berkutat dengan pekerjaan yang mungkin tidak pernah ditekuni sebelumnya dan ini akan memberikan motivasi tersendiri untuk tetap semangat dalam bekerja karena dari pekerjaan itu, para TKI mendapatkan pengalaman sedikit demi sedikit. Tantangan lain yang dijumpai oleh para TKI Korea Selatan, ditempat kerja masing-masing secara keseluruhan adalah faktor bahasa namun itupun tidaklah menjadi permasalahan yang terlalu berarti. Memang diawal-awal kerja diperusahaan Korea harus diakui bahwa orang Korea seringkali mengeluarkan kata-kata dengan nada yang agak keras namun itu bisa dipahami dan dimengerti, mereka memiliki tabiat yang mungkin berbeda dengan kebanyakan kita orang Indonesia yang lemah lembut dalam berbicara. Namun perlahan-lahan jika para TKI sudah mengerti komunikasi dalam Bahasa Korea, menguasai jenis kerja yang ditunjukkan oleh pihak perusahaan maka dengan sendirinya akan berjalan lancar. Bahkan tidak sedikit dari para TKI tersebut dapat dipercaya dan ditunjuk oleh perusahaan sebagai leader apabila sudah mampu menguasai dan memenuhi target pekerjaan yang dipercayakan perusahaan.
Di luar dari pada jam kerja, TKI Korea ini memiliki kegiatan sangat banyak, baik di lingkungan perusahaan maupun di luar perusahaan. Semisal dalam suatu perusahaan terdapat banyak karyawan yang berasal dari Indonesia maka para TKI ditempat kerja tersebut membuat kegiatan di luar jam kerja mereka.Contoh:kajian agama Islam.
Kemudian kegiatan ini berkembang tidak hanya berada disuatu perusahaan saja, namun kegiatan yang sama di tempat yang lain digabungkan menjadi paguyuban-paguyuban dengan skala yang lebih besar direalisasikan di tengah masyarakat Korea.Contoh: Mushala, kegiatan olahraga, kegiatan kesenian, dan lain sebagainya. Melalui kegiatan-kegiatan di luar jam kerja seperti ini yang mampu memperkenalkan banyak hal tentang Indonesia,baik budaya, adat istiadat, agama dan lain-lain. Disamping sebagai pahlawan devisa negara, TKI juga sebagai duta bangsa.

Editor : Bangun IRH

About bangunirh

i am a lecturer aprentice...and a junior architect... NOW I AM A STUDENT (again)

2 comments on “JUMLAH TKI di KOREA SELATAN SEMAKIN MENINGKAT

  1. Moh Toha R
    August 17, 2014

    sip

  2. Gna
    April 9, 2016

    ada wanita yg kerja pabrik di korea ga??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 18, 2013 by in Ketenagakerjaan, Serba Serbi, Sosial Budaya.
%d bloggers like this: