UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Goyang Lidah dengan Odeng Makanan Khas Korea Selatan

Gambar

Busan, 2013/03/13

utkorea.wordpress.com

reporter : Adi Susilo

Negara Korea (한국)  adalah negara dengan empat musim yaitu musim panas (여름), musim gugur (가을) , musim dingin (겨울) dan musim semi (봄).Oleh karena itu negara ini menjadi negara yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari negara-negara tropis. Sebagai negara industri yang maju Korea Selatan didesain dengan maksimal dan sangat profesional sehingga terasa aman, nyaman dan ramah kepada para wisatawan yang mengunjunginya.

Wisata kuliner di Korea Selatan juga sangat menarik, di antaranya ketika anda berkunjung di Korea Anda pasti akan menemui makanan atau jajanan yang bernama  odeng (오뎅) .  Wow, makanan ini sungguh memukau rasanya enak dan lezat untuk dinikmatinya.  Odeng  adalah makanan khas Korea  Selatan yang sering kita temui ketika kita tinggal di Korea.  Di toko-toko makanan (식품점), supermarket (편의점), kedai pinggir jalan, restoran (식당) hingga hotel berbintang (호텔). Pada dasarnya odeng adalah makanan berbahan dasar ikan (생선), tepung (가루) dan sayuran (야채)yang dimasak dengan cara direbus dan cara memakannya dengan menggunakan kaldu kuah panas (탕). Itu kenapa odeng sangat cocok dimakan pada saat musim dingin tiba karena bisa menghangatkan tubuh. Biasanya odeng disajikan dengan cara menusuk odeng tersebut dengan menggunakan tusuk sate. Selain menggunakan kaldu, Odeng juga bisa dimakan dengan saus (소스), khususnya saus kedelai (간장 소스).

Jika Anda ke Korea, paling tidak kita akan menemui 3 jenis odeng. Yang pertama adalah Odeng yang dimakan dengan menggunakan kaldu. Kaldunya berasal dari bahan racikan lobak (무), daun bawang (양파) dicampur dengan kepiting (게) dan rumput laut (김) untuk menambah rasa. Jenis Odeng yang kedua adalah Odeng yang disajikan dengan menggunakan saus mustard ( 머스터드 소스) dan saus tomat (토마토 소스).  Jenis yang ketiga adalah  yang disebut dengan Odeng tang (오뎅탕) atau Eomuk Guk (어묵 국). Odeng di Korea disajikan dengan mangkuk kaldu dengan cabe (고추) dan daun bawang (파) serta saus kedelai (간장).  Warna dan sajian Odeng memang bervariasi tergantung dimana kita membelinya. Setiap warung dan restoran di Korea Selatan mempunyai cara dan racikan sendiri dalam menyajikannya agar menambah rasa lezat  dan enak pada Odeng. Ada yang menambahkan dengan sayuran (야채) , paprika (파프리카), daun bawang (파), wijen (참께) dan lain-lain.

Kota yang terkenal di Korea Selatan dengan makanan Odeng nya adalah Kota Busan. Karena disinilah konon Odeng pertama kalinya diperkenalkan dan dipopulerkan yakni selama pendudukan Jepang (일본) di Busan. Restoran di Kota Busan yang menjual makanan Odeng adalah restoran Busan`s Renowed Hoe House . Di tempat ini Anda bisa menikmati dan mencicipi Odeng Tang yang sudah disajikan sejak tahun 1968.  Kaldu Odeng dibuat dari 15 bahan yang berbeda sehingga memberikan rasa yang berbeda juga. Restoran ini tepatnya berada di Sujeong-Dong (수정동) Busan, buka dari siang hingga malam dan tutup Minggu. yaitu minggu pertama dan minggu ketiga. Restoran yang kedua adalah Miso Odeng yang terletak di Kota Busan juga. meskipun baru dibuka pada tahun 2007 , restoran ini sangat terkenal dan memiliki banyak pelanggan. Di restoran ini  ada beberapa pilihan seperti Odeng Jamur (버섯 오뎅) dan Odeng cumi-cumi (어징어). Jikalau Anda menginginkan makanan Odeng yang disajikan dengan banyak pilihan dan berbeda, datanglah ke Restoran Home Sweet Home di kota Seoul. Disini akan diberikan menu lebih dari selusin jenis masakan Odeng.

Sungguh sangat menarik untuk dicermati, makanan Odeng yang berasal dari bahan ikan kecil-kecil dicampur tepung dan bumbu-bumbu sangat pas dinikmati sewaktu kedinginan di Korea Selatan. Di jalanan Kota Seoul (서울) di saat malam hari , kita bisa melihat warung-warung Odeng ramai didatangi pembeli dari berbagai kalangan. Imo penjual biasanya tidak mengijinkan pembelinya membuang tusuk Odeng, karena berapa jumlah Odeng yang kita makan dilihat dari jumlah tusuk yang kosong. Satu tusuk Odeng biasanya dijual 700 won. Murah meriah bukan?

editor : Bangun IRH

About bangunirh

i am a lecturer aprentice...and a junior architect... NOW I AM A STUDENT (again)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 13, 2013 by in Kuliner, Serba Serbi.
%d bloggers like this: