UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Menilik Prosesi Akad Nikah TKI di Korea Selatan

( foto: Hendri)

( foto: Hendri)

Ansan, 2013/03/03

utkorea.wordpress.com

Reporter : Hendri Setyawan

Tempat bukan menjadi penghalang bagi seseorang untuk melangsungkan proses pernikahan. Paling tidak ini terjadi bagi salah satu pasangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Cilacap yang melangsungkan pernikahannya pada bulan Oktober 2012 di Mushola Nurhidayah, Anseong, Korea Selatan. Tak semeriah akad nikah pada umumnya, prosesi akad nikah dilaksanakan dengan sederhana dan hanya dihadiri oleh sanak kerabat maupun teman sepekerjaan.

Seluruh proses akad nikah pada dasarnya sama dengan proses akad nikah di Indonesia. Syarat-syarat pernikahan seperti surat pengantar dari kelurahan, foto dan buku nikah semuanya dipersiapkan di Indonesia. Dokumen tersebut kemudian dikirimkan ke Korea melalui pos. Setelah semua dokumen diterima, calon mempelai bisa mendaftarkan diri ke Mushola yang memfasilitasi prosesi akad nikah.

Sebelum penghulu memulai tugasnya, ia biasanya menanyakan kepada pihak keluarga mempelai yang berada di Indonesia untuk secara ikhlas menyerahkan semua prosesi akad nikah kepada penghulu, yang dibuktikan dengan memberikan pernyataan secara resmi. Selanjutnya ijab kabul pun dilakukan seperti biasanya.

Meskipun terpisah dengan jarak, pihak keluarga di Indonesia dapat menyaksikan secara langsung akad pernikahan dengan menggunakan media internet. Pernikahan yang hanya sekali seumur hidup ini bisa menjadi kenangan tersendiri bagi kedua mempelai yang sedang mengadu nasib menjadi TKI di Korea.

Daripada pacaran, lebih baik menikah. Anda mau mencoba?

Editor : Chairul Hudaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 3, 2013 by in Serba Serbi.
%d bloggers like this: