UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Akhirnya BPK Datang Juga di Negeri Gingseng

Ansan, 2012/11/06

utkorea.wordpress.com

Reporter : Muhammad Iksan

Tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI akhirnya datang juga dan mengadakan pertemuan dengan Buruh Migran Indonesia ( BMI) di sekretariat ICC, Ansan. Mereka datang didampingi oleh staff BNP2TKI dan KBRI Seoul pukul 15.00 WKS.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, tujuan kedatangan tim BPK ini tidak lain adalah untuk melakukan Audit Investigasi Program G to G yang dilaksanakan oleh BPNP2TKI di Korea Selatan.

Kedatangan BPK ke Korea disambut baik oleh para perwakilan BMI yang hadir. Ini menjadi kesempatan yang baik untuk memberikan informasi terkait masih banyaknya penyimpangan yang terjadi pada proses pelaksanaan Program G to G ke Korea.

“Sudah menjadi rahasia umum bahwa calon BMI Korea adalah ladang empuk bagi oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan pemerasan dan penindasan calon BMI yang mengikuti program G to G”,  ujar Imron Rosyadi salah satu perwakilan BMI yang ikut dalam acara tersebut.

Menurut Imron, pemerasan terjadi hampir di semua tahapan proses, mulai dari perekrutan, bimbingan belajar bahasa Korea, ujian, sending, penurunan SLC, validasi dokumen di BNP2TKI hingga sampai penerbangan.  Akibatnya, biaya resmi yang berkisar 9 jutaan melonjak sampai 20 – 40 juta rupiah. Dengan kondisi seperti ini pemerintah seolah-olah tutup mata dan saling lempar tanggung jawab dalam menyelesaikannya.

Pertemuan yang di hadiri kurang lebih 50 BMI selama 2 jam itu direspon positif oleh tim BPK. Menurut mereka, ini merupakan masukan informasi yang berharga dalam melanjutkan investigasinya.

Editor : Chairul Hudaya

7 comments on “Akhirnya BPK Datang Juga di Negeri Gingseng

  1. Anon
    November 6, 2012

    Mudah2an ini bukan hanya “pelesiran”, tapi juga merupakan tindakan tulus untuk memberantas oknum pemerasan terhadap para TKI. Eh, tapi kok BPK sama yg mau diaudit berangkatnya bareng gitu ya? Hehehe..

  2. iksan85
    November 6, 2012

    Hee.. Walahualam mas.. Itu jga yg sangat di syangkan oleh bsnyak orang^^

  3. Heddy
    November 6, 2012

    Hahaha… Garis bawahi Indoneaia..

    Only at Indonesian…ckckckc
    Perbaiki diri sndri dulu deh…sibuk2 perbaiki negara sebesar itu.. Mau Barak Obama sekalian jd presiden kita..tetap saja akan sprti itu.. hahahaha

  4. dian agung
    November 6, 2012

    mereka datang di dampingi staff BNP2TKI…kenapa harus di dampingi orang BNP2tki?semoga ada kabar baik setelah audit ini..

  5. takkay
    November 11, 2012

    apa iya ?

  6. sujarwo
    December 4, 2012

    smoga ad kbar baik setalah ini

  7. wiryo
    January 4, 2013

    apa sih yg ngga dikorup di negara ini. yg demo teriak matiin koruptor sebenernya juga koruptor, kaya maling teriak maling. intinya kesadaran msyrkt sgt rndh & perlu perbaikan serius, kl ngga ya smkn jd sampah aja dari jaman ke jaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 6, 2012 by in Ketenagakerjaan.
%d bloggers like this: