UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Tingkat Kematian TKI di Korea Cukup Tinggi

Seoul, 2012/10/23

utkoreanews.wordpress.com

Reporter : Riyant

Takdir memang sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Nasib baik dan buruk sudah digariskan Nya. Kematian adalah rahasia Ilahi yang tak kenal lokasi, apakah di Indonesia atau di Korea.

Dari pantauan kami, tingkat kematian TKI di Korea cukup tinggi. Ada yang disebabkan karena kecelakaan kerja, lalulintas, sakit dan sebagainya. Belum lama ini seorang pahlawan devisa kita telah dipanggil oleh sang Khalik menghadapNya. Ia adalah (alm) Edi Sigit bin Amam asal Desa Bendungan, Kabupaten Cirebon yang meninggal pada tanggal 8 September 2012 pukul 16.50 WKS karena kecelakaan kerja.

Tak lama berselang, tercatat 2 saudara kita di Korea juga meninggal dunia, yaitu (alm) Mukhamat Rodik dan (alm) Prio Iman Santoso. Rodik adalah pekerja di sektor perikanan yang meninggal karena kecelakaan kerja di tempat kerjanya di kota Incheon. Sedangkan Prio menghembuskan nafas terakhir setelah mobil yang ditumpangi bersama kedua rekannya tertabrak bus yang melaju kencang di daerah Gwangju.

Tingginya angka kematian pekerja asing akibat kecelakaan kerja atau sakit yang diakibatkan kelelahan kerja seharusnya menjadi perhatian pemerintah setempat. Namun, para pekerja juga diharapkan untuk berhati-hati dalam bekerja dan pandai-pandailah dalam mengukur kondisi badan sendiri. Jangan terlalu dipaksakan.

KBRI Seoul membantu segala proses pengurusan jenazah. Bagi jenazah yang beragama Islam, setelah dimandikan/ditayamumkan, jenazah dikafani dan dishalatkan yang diorganisir oleh IMUSKA di Rumah Sakit SoonChunHyeong Univiversity di Itaewon, Seoul. Selanjutnya jenazah dimasukkan dalam peti dan dikirim ke alamat keluarga masing masing.

Mari kita do’akan semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi musibah ini. Aamiin aamiin ya robbal alaamiin.

Editor : Chairul Hudaya

One comment on “Tingkat Kematian TKI di Korea Cukup Tinggi

  1. wiryo
    January 4, 2013

    kl kelelahan = resiko krj kemampuan pa adany dgn gaji tinggi di negara org. biar ga belagu di dlm negeri sendiri !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 24, 2012 by in Ketenagakerjaan.
%d bloggers like this: