UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Waspada, Polisi Imigrasi Korea Mengintai Anda

Seoul, 2012/10/16

utkorea.wordpress.com

Reporter : Suko Wibowo

Korea Selatan memang menjadi negara tujuan yang mengiurkan bagi para calon tenaga kerja migran yang akan bekerja  dan mengadu nasib di negeri gingseng ini. Puluhan ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sudah masuk dan bekerja umumnya mendapatkan gaji diatas 10 juta rupiah. Bahkan banyak mantan TKI Korea  yang sudah selesai kontrak dan pulang ke Indonesia, kembali lagi dengan dokumen nama yang diganti.

Namun siapa sangka,orang yang bekerja dinegara ini dengan dokumen resmi  nasibnya harus mendekam dipenjara karena ditangkap polisi imigrasi Korea. Alasannya, ia mengganti namanya dengan nama orang lain, setelah 3 kali bolak balik di Korea. Inilah hebatnya Korea, dengan didukung oleh sistem IT yang mumpuni bisa mendeteksi pelanggaran hukum hingga sampai level tersebut.

“Hati-hati mas, Anda jangan sampai nasibnya sama dengan temanku yang ganti nama, setelah 1 bulan perpanjang kontrak kerja, ia dipanggil kekantor oleh sekretaris, gak tahunya didalam sudah menunggu polisi imigrasi yang siap memborgolnya. Mereka menunjukkan bukti-bukti nama-nama yang sudah dipakainya”, ujar Boy (nama samaran), pekerja yang sahabat sepabriknya ditangkap polisi imigrasi mengisahkan.

“Sampai saat ini  keimigrasian Korea Selatan masih terus mencari nama yang pernah berganti  dan belum memberikan suatu peraturan ataupun undang-undang yang meringankan hukuman bagi para pekerja asing  yang sudah  tertangkap,” tutupnya.

Editor : Chairul Hudaya

One comment on “Waspada, Polisi Imigrasi Korea Mengintai Anda

  1. makmur
    July 15, 2016

    Saya telah dideportasi karena ganti nama oleh pt saya kerja korea 3 x yang pertama nama asli yang kedua ganti nama yg ketiga asli dan saya ketahuan waktu balik cuti januari 2012 apakah selama 4,5 thn nama saya masih di blacklist untuk masuk korea lagi trims untuk jawabanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 16, 2012 by in Ketenagakerjaan.
%d bloggers like this: