UT Korea News

Mengabarkan Peristiwa yang terjadi di Korea Selatan

Sisi Hitam-Putih Kehidupan TKI di Korea

Daegu, 2012/10/11

utkoreanews.wordpress.com

Reporter : Sutik

Mungkin banyak dari pembaca yang belum mengetahui sisi hitam putih kehidupan para tenaga kerja Indonesia di Korea. Selain kegiatan utama sehari-hari bekerja di pabrik, banyak juga kegiatan yang dilakukan mereka untuk mengisi kekosongan waktu, baik yang positif maupun yang negative. Mulai dari yang kumpul-kumpul dalam suatu paguyuban, ikut kegiatan Mushola, ikut partisipasi kegiatan sepak bola, bahkan ada juga yang melakukan perjudian dan mabuk-mabukan. Kata mereka, semua itu dilakukan hanya untuk mengisi kejenuhan, kekosongan, supaya mereka tidak bosan dengan keadaan yang setiap harinya bekerja sampai 12 jam atau bahkan lebih.

Selain kegiatan berkelompok, beberapa diantaranya mengisi dengan kegiatan pribadi, misalnya chatting, berbelanja dan jalan-jalan. Warung Indonesia (WI) adalah tempat ideal untuk tempat berkumpul. WI umumnya menjual masakan Indonesia dan juga barang-barang kebutuhan pokok khusus yang didatangkan dari Indonesia. Sayangnya WI sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan hal-hal negatif seperti perjudian. WI menjadi tempat yang cocok karena para pekerja yang sebagian besar tinggal di mes yang disediakan oleh pabrik umumnya tidak diperkenankan untuk membawa teman, apalagi dalam jumlah banyak, kedalam mes pabrik. Bentuk perjudian yang sering dilakukan misalnya judi dadu.

Namun, tidak semua WI menjadi tempat perjudian. Memang ironis, diizinkannya bentuk perjudian di WI karena alasan untuk menarik pelanggan. Menurut pantauan kami, perjudian dilakukan mayoritas oleh mereka yang sudah bekerja diatas 3 tahun di Korea. Menurut informasi yang kami himpun, pada tahun 2011 kepolisian Korea pernah menggelar operasi di beberapa WI yang dijadikan tempat perjudian. Banyak pekerja illegal yang tertangkap dan dideportasi dan mengakibatkan WI tersebut gulung tikar.

Sekarang  saatnya bertanya pada diri untuk mengembalikan semuanya pada niat dan tujuan awal datang ke Korea. Manfaatkan waktu dan kesempatan selama di Korea!

Editor : Chairul Hudaya

About utkorea

Universitas Terbuka Korea Selatan "Menjangkau yang tak terjangkau"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 11, 2012 by in Ketenagakerjaan.
%d bloggers like this: